Struktur Sosial dan Peran Kunci

Seekor lebah madu bisa digambarkan sebagai serangga yang menghasilkan madu. Itu dibawa ke Amerika Utara oleh pemukim Eropa awal. Madu secara alami bukanlah serangga yang agresif. Mereka jarang tersengat kecuali jika mereka mempertahankan sarang lebah mereka dari penyusup. Mereka juga bisa membahayakan jika diprovokasi. Serangga ini melambangkan masyarakat yang sangat terorganisir dimana setiap kasta lebah memiliki peran khusus untuk dimainkan selama masa hidup mereka. Selain itu, sarang lebah mereka adalah benda permanen. Di musim dingin ini tetap tidak aktif karena lebah madu harus berkumpul bersama untuk merasa hangat. Studi menunjukkan bahwa pengelompokan memungkinkan lebah mempertahankan tingkat suhu, di dalam sarang lebah, pada sembilan puluh tiga derajat Fahrenheit.

struktur sosial lebah madu

Madu terdiri dari tiga kelompok sosial. Yang pertama adalah ratu lebah. Selalu ada satu ratu dalam sarang lebah dan dia bisa hidup selama tiga sampai lima tahun. Karyanya adalah untuk mereproduksi dan mengisi sarang lebah. Dia bisa berbaring sampai dua ribu telur setiap hari, setelah kawin dengan dengung (seekor lebah jantan) hanya satu kali. Semua telur yang telah dibuahi menjadi lebah pekerja atau lebah betina sementara telur yang tidak dibuahi menjadi pesawat tak berawak. Ketika kesuburannya berkurang atau hidupnya berakhir, ratu sarang lebah baru dipetik dari larva muda.

Ini diberi makan jeli atau susu lebah selama enam belas hari. Tanpa lebah ratu, sarangmu tidak memiliki masa depan. Lebah pekerja membentuk kelompok sosial berikutnya. Dia adalah lebah betina pekerja keras dan tidak subur. Selama musim panas, sekitar delapan puluh ribu lebah pekerja sibuk mengumpulkan serbuk sari dan nektar dari tumbuh-tumbuhan. Mereka tinggal hanya selama enam minggu. Selama musim dingin, sekitar dua puluh sampai tiga puluh ribu lebah pekerja tetap tidak aktif di dalam sarang. Oleh karena itu mereka bisa hidup selama empat sampai sembilan bulan. Tugas sehari-hari mereka sulit dan melelahkan, termasuk konstruksi, perawatan, perawatan, penjagaan dan pencarian makanan.

Jika seorang pekerja lebah menyengat manusia atau makhluk hidup lainnya, kehidupannya akan segera berakhir. Lebah drone membentuk kasta ketiga. Peran utama dengung atau lebah jantan adalah untuk kawin dengan ratu ratu perawan. Dia memiliki organ reproduksi runcing yang menyebabkan kematiannya setelah kawin dengan ratu muda. Sarang lebah alami memiliki sekitar tiga ratus sampai tiga ribu pesawat tak berawak. Seekor duri dengung tidak memiliki stinger, jadi dia tidak bisa mempertahankan sarangnya selama bulan-bulan musim dingin. Mereka sebenarnya diseret keluar dari sarangnya saat jatuh.

Produk akhir madu

Lebah pekerja memiliki tanggung jawab penuh untuk memelihara sarang lebah. Mereka menghasilkan sejumlah produk akhir yang sangat bermanfaat bagi manusia dan lebah lainnya. Salah satunya adalah serbuk sari, yang mengacu pada sel kuman jantan yang dihasilkan oleh pohon berbunga dan bunga untuk tujuan pemupukan. Seekor lebah madu mengumpulkan serbuk sari dari ladang dan memakannya. Serbuk sari sangat bergizi. Ini mengandung protein tiga puluh lima persen, sepuluh persen gula, vitamin B kompleks, vitamin A, C, R dan H, mineral, karbohidrat dan enzim. Karena memakan serbuk sari, lebah pekerja mampu menghasilkan madu, lilin lebah, royal jelly, racun lebah dan propolis. Semua ini aman dikonsumsi manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *